• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak
Jumat, Oktober 24, 2025
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
No Result
View All Result
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
pemutihan pajak kendaraan banner pemkab muba
ADVERTISEMENT
Home Nasional

Kementerian ATR/BPN Tekankan Pentingnya Komunikasi Publik dalam Pengelolaan Pengaduan

Harison Mocodompis menilai pendekatan yang perlu dilakukan adalah memahami keinginan masyarakat atau mencari cara supaya masyarakat lebih mudah memahami alur layanan di Kementerian ATR/BPN.

Hadi Wibowo Reporter Hadi Wibowo
29 Agustus 2025 | 22:13 WIB
in Nasional
Kementerian ATR/BPN Tekankan Pentingnya Komunikasi Publik dalam Pengelolaan Pengaduan

Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jawa Barat, Kamis (28/08/2025).

WhatsappTelegramFacebook

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Harison Mocodompis, menilai komunikasi publik jadi hal penting yang bisa menekan tingginya pengaduan masyarakat.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat, Kamis (28/08/2025).

BeritaTerkait

Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri, Warga Bekasi Buktikan Prosesnya Mudah

Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri, Warga Bekasi Buktikan Prosesnya Mudah

23 Oktober 2025 | 20:59 WIB
Temui Pimpinan KPK, Nusron Wahid Bahas Perbaikan Bisnis Proses Layanan Pertanahan

Temui Pimpinan KPK, Nusron Wahid Bahas Perbaikan Bisnis Proses Layanan Pertanahan

23 Oktober 2025 | 20:13 WIB

“Dari banyaknya aduan yang dikelola, posisi pertama itu masalah administrasi dan birokrasi. Pendekatan yang perlu dilakukan adalah memahami keinginan masyarakat atau mencari cara supaya masyarakat lebih mudah memahami alur layanan di Kementerian ATR/BPN,” ujar Harison Mocodompis.

Kepala Biro Humas dan Protokol menjelaskan, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mengemas informasi dalam bentuk kampanye layanan yang menarik dan mudah dipahami masyarakat.

Produk informasi tersebut dapat disebarluaskan melalui berbagai kanal komunikasi, seperti media sosial, konten visual, maupun sosialisasi langsung oleh Kantor-kantor Pertanahan.

“Kalau sudah dapat informasi lengkap lewat konten atau dari sosialisasi kantor, masyarakat akan datang dengan dokumen yang siap, tidak bingung, tidak merasa dipersulit (birokrasi),” ujar Harison Mocodompis.

Ia menegaskan, komunikasi bukan sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga membangun interaksi, hubungan baik, dan saling pengertian antara lembaga dan masyarakat.

“Kita sering merasa sudah menyampaikan informasi lewat media sosial, konten, atau rilis. Tapi, apakah itu membangun pemahaman? Kepercayaan? Belum tentu. Kalau masyarakat paham dan setuju, mereka akan berpartisipasi dan bahkan membela kita. Maka, penting untuk mengukur apakah informasi itu benar-benar sampai,” ungkap Harison Mocodompis.

Ada empat pilar utama komunikasi yang menurutnya perlu diperkuat. Keempat pilar itu meliputi masyarakat sebagai penerima layanan; mitra strategis, seperti NGO dan akademisi; koordinasi antar instansi pemerintah; serta penggunaan media sebagai kanal edukasi dan kontrol publik.

“Kantor harus bisa ‘berbicara’ bahkan sebelum masyarakat bertemu petugas. Mulai dari ruang tunggu, loket, hingga suasana pelayanan. Kalau dari awal sudah terasa hangat, ramah, dan jelas, kepercayaan itu langsung tumbuh,” lanjut Kepala Biro Humas dan Protokol Kementerian ATR/BPN.

Komunikasi yang baik juga diyakini oleh Plh. Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Andi Kadandio Alepuddin, menjadi dasar perbaikan layanan. Di mana, perubahan pelayanan harus dimulai dari kepemimpinan yang memberikan teladan.

“Kalau Kepala Kantor baik, stafnya akan mengikuti. Budaya pelayanan akan terbentuk dari nilai-nilai yang dibawa pimpinan,” katanya.

Adapun sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengaduan Masyarakat, Adhi Maskawan; Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol, Samudra Ivan Supratikno; Kepala Subbagian Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Tegar Gallantry; para Kepala Kantor Pertanahan se-Jawa Barat, serta jajaran Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat.

Tags: BPN Jawa BaratHarison MocodompisKementerian ATR/BPN

Feed Instagram

View this profile on Instagram

Popular Science (@popsci) • Instagram photos and videos

Related Posts

Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri, Warga Bekasi Buktikan Prosesnya Mudah

Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri, Warga Bekasi Buktikan Prosesnya Mudah

23 Oktober 2025 | 20:59 WIB
Temui Pimpinan KPK, Nusron Wahid Bahas Perbaikan Bisnis Proses Layanan Pertanahan

Temui Pimpinan KPK, Nusron Wahid Bahas Perbaikan Bisnis Proses Layanan Pertanahan

23 Oktober 2025 | 20:13 WIB
Pendaftaran Tanah Wakaf Meningkat Signifikan, Nusron Wahid: Gandeng Kepala KUA dan Kekuatan Masyarakat

Pendaftaran Tanah Wakaf Meningkat Signifikan, Nusron Wahid: Gandeng Kepala KUA dan Kekuatan Masyarakat

23 Oktober 2025 | 20:06 WIB
Nusron Wahid: Pengelolaan Agraria Berkeadilan Wujud Kontribusi Nyata Setahun Prabowo-Gibran

Nusron Wahid: Pengelolaan Agraria Berkeadilan Wujud Kontribusi Nyata Setahun Prabowo-Gibran

23 Oktober 2025 | 17:02 WIB
Setahun Prabowo-Gibran, Nusron Wahid Perkuat Digitalisasi Pertanahan Lawan Mafia Tanah

Setahun Prabowo-Gibran, Nusron Wahid Perkuat Digitalisasi Pertanahan Lawan Mafia Tanah

23 Oktober 2025 | 16:09 WIB
Pertemuan Perdana, Sekjen ATR/BPN Harapkan Peran Penyidik PNS dalam Penegakan Hukum Internal

Pertemuan Perdana, Sekjen ATR/BPN Harapkan Peran Penyidik PNS dalam Penegakan Hukum Internal

23 Oktober 2025 | 16:00 WIB
@palembang

Trending

Nusron Wahid Harapkan Santri Masuk ke Dalam Panggung Nasional

The Murky Stream: Drama Kolosal di Era Joseon yang Kelam

Jelang Satu Tahun Prabowo Gibran, Kementerian ATR/BPN Gelar Rapim Pantau Progres Kinerja

Reprisal: Balas Dendam yang Mengerikan

Mangunrok: Buku Kuno di Bon Appétit, Your Majesty

Nevertheless: Drama Korea yang Penuh Emosi

200 Pemain Muda Sumsel Ikuti Seleksi Timnas Futsal U-16 dan U-19

Info Terbaru

Sukseskan GTRA, BPN Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Akhir

Sukseskan GTRA, BPN Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Akhir

24 Oktober 2025 | 09:40 WIB
Kakanwil BPN Sumsel Terima Audiensi Kementerian Hukum Sumsel

Kakanwil BPN Sumsel Terima Audiensi Kementerian Hukum Sumsel

24 Oktober 2025 | 08:53 WIB
Herman Deru Resmikan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Tanah Kering Baru yang Viral di Pulau Rimau Banyuasin

Herman Deru Resmikan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Tanah Kering Baru yang Viral di Pulau Rimau Banyuasin

23 Oktober 2025 | 22:01 WIB
Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri, Warga Bekasi Buktikan Prosesnya Mudah

Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri, Warga Bekasi Buktikan Prosesnya Mudah

23 Oktober 2025 | 20:59 WIB
Pemprov Sumsel dan Pemkab Muba Pastikan Pembangunan Jembatan P6 Lalan Dilanjutkan

Pemprov Sumsel dan Pemkab Muba Pastikan Pembangunan Jembatan P6 Lalan Dilanjutkan

23 Oktober 2025 | 20:36 WIB
Temui Pimpinan KPK, Nusron Wahid Bahas Perbaikan Bisnis Proses Layanan Pertanahan

Temui Pimpinan KPK, Nusron Wahid Bahas Perbaikan Bisnis Proses Layanan Pertanahan

23 Oktober 2025 | 20:13 WIB

Kulineran Bareng Plg!

@majolemak.plg

Official Partner

sumsel agensi media, sumsel, plg
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Ekonomi
  • Sport
  • Sriwijaya FC
  • Tekno & Sains
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Media Sosial
  • Film
  • Foto
  • Advertorial
  • Liputan Khusus

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist