• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak
Senin, September 8, 2025
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
No Result
View All Result
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
banner hut ri, dikon pajak banner pemkab muba
ADVERTISEMENT
Home Nasional

Kementerian ATR/BPN Tekankan Pentingnya Komunikasi Publik dalam Pengelolaan Pengaduan

Harison Mocodompis menilai pendekatan yang perlu dilakukan adalah memahami keinginan masyarakat atau mencari cara supaya masyarakat lebih mudah memahami alur layanan di Kementerian ATR/BPN.

Hadi Wibowo Reporter Hadi Wibowo
29 Agustus 2025 | 22:13 WIB
in Nasional
Kementerian ATR/BPN Tekankan Pentingnya Komunikasi Publik dalam Pengelolaan Pengaduan

Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jawa Barat, Kamis (28/08/2025).

WhatsappTelegramFacebook

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Harison Mocodompis, menilai komunikasi publik jadi hal penting yang bisa menekan tingginya pengaduan masyarakat.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat, Kamis (28/08/2025).

BeritaTerkait

Wapres Gibran Mendadak Datangi 2 Pos Ronda di Jakarta, Kenapa Ya?

Wapres Gibran Mendadak Datangi 2 Pos Ronda di Jakarta, Kenapa Ya?

6 September 2025 | 23:01 WIB
Pemerintah: Penanganan Situasi Nasional Sesuai Koridor Hukum dan HAM

Pemerintah: Penanganan Situasi Nasional Sesuai Koridor Hukum dan HAM

5 September 2025 | 19:04 WIB

“Dari banyaknya aduan yang dikelola, posisi pertama itu masalah administrasi dan birokrasi. Pendekatan yang perlu dilakukan adalah memahami keinginan masyarakat atau mencari cara supaya masyarakat lebih mudah memahami alur layanan di Kementerian ATR/BPN,” ujar Harison Mocodompis.

Kepala Biro Humas dan Protokol menjelaskan, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mengemas informasi dalam bentuk kampanye layanan yang menarik dan mudah dipahami masyarakat.

Produk informasi tersebut dapat disebarluaskan melalui berbagai kanal komunikasi, seperti media sosial, konten visual, maupun sosialisasi langsung oleh Kantor-kantor Pertanahan.

“Kalau sudah dapat informasi lengkap lewat konten atau dari sosialisasi kantor, masyarakat akan datang dengan dokumen yang siap, tidak bingung, tidak merasa dipersulit (birokrasi),” ujar Harison Mocodompis.

Ia menegaskan, komunikasi bukan sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga membangun interaksi, hubungan baik, dan saling pengertian antara lembaga dan masyarakat.

“Kita sering merasa sudah menyampaikan informasi lewat media sosial, konten, atau rilis. Tapi, apakah itu membangun pemahaman? Kepercayaan? Belum tentu. Kalau masyarakat paham dan setuju, mereka akan berpartisipasi dan bahkan membela kita. Maka, penting untuk mengukur apakah informasi itu benar-benar sampai,” ungkap Harison Mocodompis.

Ada empat pilar utama komunikasi yang menurutnya perlu diperkuat. Keempat pilar itu meliputi masyarakat sebagai penerima layanan; mitra strategis, seperti NGO dan akademisi; koordinasi antar instansi pemerintah; serta penggunaan media sebagai kanal edukasi dan kontrol publik.

“Kantor harus bisa ‘berbicara’ bahkan sebelum masyarakat bertemu petugas. Mulai dari ruang tunggu, loket, hingga suasana pelayanan. Kalau dari awal sudah terasa hangat, ramah, dan jelas, kepercayaan itu langsung tumbuh,” lanjut Kepala Biro Humas dan Protokol Kementerian ATR/BPN.

Komunikasi yang baik juga diyakini oleh Plh. Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Andi Kadandio Alepuddin, menjadi dasar perbaikan layanan. Di mana, perubahan pelayanan harus dimulai dari kepemimpinan yang memberikan teladan.

“Kalau Kepala Kantor baik, stafnya akan mengikuti. Budaya pelayanan akan terbentuk dari nilai-nilai yang dibawa pimpinan,” katanya.

Adapun sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengaduan Masyarakat, Adhi Maskawan; Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol, Samudra Ivan Supratikno; Kepala Subbagian Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Tegar Gallantry; para Kepala Kantor Pertanahan se-Jawa Barat, serta jajaran Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat.

Tags: BPN Jawa BaratHarison MocodompisKementerian ATR/BPN

Feed Instagram

View this profile on Instagram

Popular Science (@popsci) • Instagram photos and videos

Related Posts

Wapres Gibran Mendadak Datangi 2 Pos Ronda di Jakarta, Kenapa Ya?

Wapres Gibran Mendadak Datangi 2 Pos Ronda di Jakarta, Kenapa Ya?

6 September 2025 | 23:01 WIB
Pemerintah: Penanganan Situasi Nasional Sesuai Koridor Hukum dan HAM

Pemerintah: Penanganan Situasi Nasional Sesuai Koridor Hukum dan HAM

5 September 2025 | 19:04 WIB
Prabowo Tegaskan Lindungi Hak Rakyat Menyampaikan Pendapat, Kecam Aksi Anarki

Prabowo Tegaskan Lindungi Hak Rakyat Menyampaikan Pendapat, Kecam Aksi Anarki

1 September 2025 | 21:06 WIB
Prabowo Kunjungi Polisi Korban Kerusuhan

Prabowo Kunjungi Polisi Korban Kerusuhan

1 September 2025 | 19:52 WIB
Prabowo: Tindakan Demo Anarki Akan Ditindak Tegas

Prabowo: Tindakan Demo Anarki Akan Ditindak Tegas

31 Agustus 2025 | 22:54 WIB
Nusron Wahid Hadiri Wisuda 624 Taruna STPN

Nusron Wahid Hadiri Wisuda 624 Taruna STPN

30 Agustus 2025 | 22:17 WIB
@palembang

Trending

Drakor Confidence Queen Akan Tayang Hari Ini

My Youth, Series Baru yang Akan Rilis 5 September 2025

Profil Lee Dong-wook

Anarki: Makna Asli dari Mitos Kekacauan Total

Drakor Psikopat yang Tidak Boleh di Lewatkan

Land of Wine, Drakor Klasik Tentang Cinta dan Warisan Budaya

Review Mouse (2021), Drakor Psikopat Penuh Misteri

Info Terbaru

Sriwijaya FC Akan Launching Tim Pada 9 September 2025

Sriwijaya FC Akan Launching Tim Pada 9 September 2025

7 September 2025 | 20:38 WIB
Cik Ujang Resmi Buka Sriwijaya Open 2025

Cik Ujang Resmi Buka Sriwijaya Open 2025

7 September 2025 | 19:43 WIB
melihat dunia baru

Empat Makna Di Balik Frasa Melihat Dunia Baru

7 September 2025 | 19:04 WIB
Melihat Dunia Baru Lewat Psikologi Film All I See Is You

Melihat Dunia Baru Lewat Psikologi Film All I See Is You

7 September 2025 | 13:55 WIB
Polda Sumsel Terjunkan 75 Personel untuk Patroli di Wilayah Palembang

Polda Sumsel Terjunkan 75 Personel untuk Patroli di Wilayah Palembang

7 September 2025 | 13:01 WIB
Mbps dengan MBps

Mbps dengan MBps, Satu kata dua Makna

7 September 2025 | 10:48 WIB

Kulineran Bareng Plg!

@majolemak.plg

Official Partner

sumsel agensi media, sumsel, plg
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Ekonomi
  • Sport
  • Sriwijaya FC
  • Tekno & Sains
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Media Sosial
  • Film
  • Foto
  • Advertorial
  • Liputan Khusus

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist