• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak
Selasa, Desember 23, 2025
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
No Result
View All Result
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
hut kopri ke-54 banner pemkab muba
ADVERTISEMENT
Home ATR/BPN

Menteri Nusron: Tangani Pengaduan Masyarakat dengan Hati, Optimalkan Pelayanan di Kalsel

Menteri Nusron Wahid menekankan pentingnya pelayanan pengaduan masyarakat yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Hadi Wibowo Reporter Hadi Wibowo
6 Januari 2025 | 19:41 WIB
in ATR/BPN
Menteri Nusron: Tangani Pengaduan Masyarakat dengan Hati, Optimalkan Pelayanan di Kalsel

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid

WhatsappTelegramFacebook

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, menekankan pentingnya pelayanan pengaduan masyarakat yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Arahan tersebut disampaikan kepada jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Kalimantan Selatan melalui pertemuan daring, Senin (6/1/2025).

BeritaTerkait

Wamen ATR/BPN Tinjau Kantah Kota Denpasar, Dorong Budaya Melayani dan Bebas Pungli di Lingkungan BPN

Wamen ATR/BPN Tinjau Kantah Kota Denpasar, Dorong Budaya Melayani dan Bebas Pungli di Lingkungan BPN

29 Juni 2025 | 23:08 WIB
PELATARAN: Inovasi ATR/BPN Bikin Urus Tanah Tak Lagi Butuh Cuti

PELATARAN: Inovasi ATR/BPN Bikin Urus Tanah Tak Lagi Butuh Cuti

27 Juni 2025 | 19:56 WIB

Dalam pengarahannya, Menteri Nusron meminta seluruh jajaran BPN tidak menangani pengaduan dengan cara asal-asalan.

“Semua pengaduan harus dijawab dengan baik, bahkan kalau perlu mendatangi langsung masyarakat yang mengadu. Jangan hanya menggunakan standar birokrasi,” ujar Nusron.

Ia mengungkapkan, laporan pengaduan melalui layanan Lapor Mas Wapres, yang dipantau langsung oleh Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka, menunjukkan 300–370 aduan per hari terkait permasalahan pertanahan.

Hal ini menjadi sorotan karena beberapa pengaduan ternyata berasal dari masyarakat yang merasa kurang puas dengan pelayanan pengaduan di kantor pertanahan.

Optimalisasi Pengelolaan Aduan sebagai KPI
Menteri Nusron menegaskan bahwa setiap satuan kerja BPN wajib memantau, menindaklanjuti, dan menyelesaikan aduan yang masuk melalui berbagai kanal pengaduan. Pengelolaan pengaduan tersebut kini menjadi salah satu Key Performance Indicator (KPI) bagi seluruh jajaran BPN.

Percepatan Sertipikasi Tanah Wakaf dan Rumah Ibadah

Selain pengaduan masyarakat, Menteri Nusron juga menyoroti pentingnya percepatan sertipikasi tanah wakaf dan rumah ibadah, terutama di Kalimantan Selatan.

“Jangan sampai ada masjid, musala, atau pesantren yang tanahnya belum bersertipikat wakaf,” tegasnya.

Ia menjelaskan bahwa ikrar wakaf tanpa sertipikasi belum cukup untuk menjamin kepemilikan tanah secara sah di mata hukum. Oleh karena itu, Menteri Nusron meminta jajarannya untuk lebih proaktif dalam mengedukasi dan membantu proses sertipikasi tanah wakaf.

Dukungan Penuh dari Jajaran Kanwil BPN Kalsel

Acara ini diikuti oleh sejumlah pejabat tinggi Kementerian ATR/BPN, termasuk Kepala Kanwil BPN Kalimantan Selatan, Abdul Azis, beserta jajaran Kepala Kantor Kota/Kabupaten di provinsi tersebut. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Harison Mocodompis, bertindak sebagai moderator dalam kegiatan yang berlangsung penuh diskusi tersebut.

Menteri Nusron berharap langkah-langkah ini dapat memberikan kepastian hukum bagi masyarakat serta meningkatkan kualitas layanan BPN secara nasional.

“Pelayanan yang sepenuh hati adalah kunci kepercayaan masyarakat kepada kita,” pungkasnya.

Tags: ATR/BPNBPNmenteriNurson wahid

Feed Instagram

View this profile on Instagram

Popular Science (@popsci) • Instagram photos and videos

Related Posts

Wamen ATR/BPN Tinjau Kantah Kota Denpasar, Dorong Budaya Melayani dan Bebas Pungli di Lingkungan BPN

Wamen ATR/BPN Tinjau Kantah Kota Denpasar, Dorong Budaya Melayani dan Bebas Pungli di Lingkungan BPN

29 Juni 2025 | 23:08 WIB
PELATARAN: Inovasi ATR/BPN Bikin Urus Tanah Tak Lagi Butuh Cuti

PELATARAN: Inovasi ATR/BPN Bikin Urus Tanah Tak Lagi Butuh Cuti

27 Juni 2025 | 19:56 WIB
Menteri Nusron Ajak Kepala Daerah Gaungkan Tanda Batas Tanah: Cegah Sengketa Sejak Dini!

Menteri Nusron Ajak Kepala Daerah Gaungkan Tanda Batas Tanah: Cegah Sengketa Sejak Dini!

26 Juni 2025 | 19:56 WIB
Menteri Nusron: Kolaborasi dengan Kepala Daerah adalah Kunci Sukses Reforma Agraria

Menteri Nusron: Kolaborasi dengan Kepala Daerah adalah Kunci Sukses Reforma Agraria

26 Juni 2025 | 07:42 WIB
Perkuat Sinergi, Menteri Nusron dan Wali Kota Bekasi Sepakat Percepat Sertipikasi Aset Daerah

Perkuat Sinergi, Menteri Nusron dan Wali Kota Bekasi Sepakat Percepat Sertipikasi Aset Daerah

25 Juni 2025 | 15:51 WIB
Lindungi Aset Masa Depan: Sertipikatkan Tanahmu Demi Generasi Mendatang

Lindungi Aset Masa Depan: Sertipikatkan Tanahmu Demi Generasi Mendatang

25 Juni 2025 | 13:25 WIB
@palembang

Trending

Escape: Ketika Penculikan Berubah Menjadi Pelarian

Review Mouse (2021), Drakor Psikopat Penuh Misteri

A Strange House: Menguak Misteri Rumah Aneh Bersama YouTuber Okultisme

The Great Flood: Film Bencana Fiksi Ilmiah Baru dari Netflix

Hati-Hati Penipuan! Contact Center Resmi Lion Group Hanya Melayani Via WhatsApp Chat di Nomor Ini

PT Sago Nauli, Jejak Perkebunan Kelapa Sawit dengan Komitmen Kemitraan

Diduga Tersinggung Candaan, Karyawan OKI Pulp Ditusuk Rekan Kerja

Info Terbaru

Buka Rakernis Sekretariat Jenderal, Irjen ATR/BPN Sampaikan Peran Strategis Staf Tata Usaha sebagai Pengawas Internal

Buka Rakernis Sekretariat Jenderal, Irjen ATR/BPN Sampaikan Peran Strategis Staf Tata Usaha sebagai Pengawas Internal

22 Desember 2025 | 21:26 WIB
Kementerian ATR/BPN Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu ke-97

Kementerian ATR/BPN Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu ke-97

22 Desember 2025 | 19:57 WIB
Diduga Tersinggung Candaan, Karyawan OKI Pulp Ditusuk Rekan Kerja

Diduga Tersinggung Candaan, Karyawan OKI Pulp Ditusuk Rekan Kerja

22 Desember 2025 | 18:01 WIB
Pemerintah Mulai Relokasi Masyarakat dari Taman Nasional Tesso Nilo

Pemerintah Mulai Relokasi Masyarakat dari Taman Nasional Tesso Nilo

21 Desember 2025 | 20:43 WIB
Pendeta Apresiasi Dukungan Kementerian ATR/BPN dalam Sertipikasi Tanah Rumah Ibadah

Pendeta Apresiasi Dukungan Kementerian ATR/BPN dalam Sertipikasi Tanah Rumah Ibadah

21 Desember 2025 | 19:13 WIB
Reforma Agraria Lahirkan Regenerasi dan Kreativitas Petani Muda di Desa Soso

Reforma Agraria Lahirkan Regenerasi dan Kreativitas Petani Muda di Desa Soso

21 Desember 2025 | 19:05 WIB

Kulineran Bareng Plg!

@majolemak.plg

Official Partner

sumsel agensi media, sumsel, plg
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Ekonomi
  • Sport
  • Sriwijaya FC
  • Tekno & Sains
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Media Sosial
  • Film
  • Foto
  • Advertorial
  • Liputan Khusus

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist