• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak
Kamis, September 25, 2025
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
No Result
View All Result
Plg.co.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Bola & Sports
  • Ekonomi
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Tekno & Sains
  • Film
  • Foto
  • Media Sosial
  • Liputan Khusus
banner hut ri, dikon pajak banner pemkab muba
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi

Jelang Libur Panjang Lebaran 2024 XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan

XL Axiata telah menyiapkan jaringan guna melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Lebaran.

Hadi Wibowo Reporter Hadi Wibowo
30 Maret 2024 | 17:22 WIB
in Ekonomi, Nasional
Jelang Libur Panjang Lebaran 2024 XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan
WhatsappTelegramFacebook

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.

Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

BeritaTerkait

lini bisnis pt hm sampoerna

Lini Bisnis PT HM Sampoerna Lewat Ekspansi Sampoerna Strategic Group

25 September 2025 | 07:31 WIB
Upacara Peringatan Hantaru 2025, Nusron Wahid Realisasikan Asta Cita Menjaga Tanah dan Menata Ruang

Upacara Peringatan Hantaru 2025, Nusron Wahid Realisasikan Asta Cita Menjaga Tanah dan Menata Ruang

24 September 2025 | 17:34 WIB

Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.

BACA JUGA : XL Axiata Safari Ramadan: Dukungan untuk Pendidikan Berbasis Digital dan Literasi Digital di Indonesia

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan,”Momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan.

Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi.”

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

BACA JUGA : Operator Telekomunikasi Indonesia Hadirkan Tiga Layanan API GSMA Open Gateway Initiative

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa.

Selanjutnya, diprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10% – 15% saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20%.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.

BACA JUGA : Perempuan Berperan Strategis Sebagai Kontributor Kemajuan di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada.

Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

BACA JUGA : Dihadapan Pengurus IKA-Muba, Pj Bupati Apriyadi Umumkan Tahun 2024 ini Listrik MEP Beralih ke PLN

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Selain kesiapan jaringan dan tim teknis untuk mendukung kenyamanan pelanggan selama menghadapi libur Lebaran, XL Axiata juga menyiapkan tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan (contact center) untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, dengan jumlah petugas sekitar 500 orang melalui layanan call center maupun layanan digital care.

BACA JUGA : Tri Suarakan #MudahnyaKebaikan di Bulan Ramadan Lewat Sedekah Kuota

Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Pelanggan bisa menghubungi atau mengakses informasi dan keluhan layanan melalui layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Facebook, Instagram serta Live Chat.

Selain itu, pelanggan juga bisa mengunjungi XL Center, dimana saat ini terdapat sekitar 92 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Di beberapa kota, XL Center juga akan tetap buka di hari Lebaran kedua (yg berlokasi di pusat perbelanjaan atau mall), sementara mulai hari ketiga Lebaran, layanan XL Center buka normal seperti biasa.

BACA JUGA : Musni Wijaya: Manfaatkan Momentum Ramadan Banyak Membaca, dan Mengamalkan Kandungan Alquran Dalam Keseharian

Penguatan jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa

XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE.
Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan.

Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran.

BACA JUGA : Jokowi Pimpin Rapat Persiapan Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Belum lama ini, di sepanjang ruas tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan.

Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terdapat peningkatan trafik sebesar 54% di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km tersebut.

Selain jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru.

BACA JUGA : XL Axiata Safari Ramadan: Dukungan untuk Pendidikan Berbasis Digital dan Literasi Digital di Indonesia

Penguatan infrastruktur jaringan termasuk melakukan optimisasi, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran pengalaman pelanggan juga XL Axiata lakukan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non tol, juga sepanjang jalur kereta, dengan menyiapkan jaringan berkapasitas 2-3 kali lipat lebih besar dibandingkan saat hari normal.

Saat ini, total lebih dari 2.800 BTS 4G yang menopang layanan di sepanjang Tol Trans Jawa sejauh 979 km.
Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian.

Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

BACA JUGA : Tips Inspirasi Sambut Ramadan Ala Informa

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Tags: idul fitriinternetjaringanlibur lebaranlibur panjangpaket dataramadantrafikxl axiata

Feed Instagram

View this profile on Instagram

Popular Science (@popsci) • Instagram photos and videos

Related Posts

lini bisnis pt hm sampoerna

Lini Bisnis PT HM Sampoerna Lewat Ekspansi Sampoerna Strategic Group

25 September 2025 | 07:31 WIB
Upacara Peringatan Hantaru 2025, Nusron Wahid Realisasikan Asta Cita Menjaga Tanah dan Menata Ruang

Upacara Peringatan Hantaru 2025, Nusron Wahid Realisasikan Asta Cita Menjaga Tanah dan Menata Ruang

24 September 2025 | 17:34 WIB
Reforma Agraria Hidupkan Potensi Desa Bandung, dari Semak Belukar Jadi Sumber Ekonomi Masyarakat

Reforma Agraria Hidupkan Potensi Desa Bandung, dari Semak Belukar Jadi Sumber Ekonomi Masyarakat

24 September 2025 | 10:16 WIB
Kolaborasi Kementerian ATR/BPN dan  IPPAT: Percepat Transformasi Layanan Pertanahan

Kolaborasi Kementerian ATR/BPN dan IPPAT: Percepat Transformasi Layanan Pertanahan

23 September 2025 | 22:50 WIB
Percepat Perizinan Berusaha, Nusron Wahid Usulkan Akselerasi Digitalisasi 300 RDTR di 2026

Percepat Perizinan Berusaha, Nusron Wahid Usulkan Akselerasi Digitalisasi 300 RDTR di 2026

23 September 2025 | 22:33 WIB
pt djarum

Menguak Diversifikasi Lini Bisnis PT Djarum

22 September 2025 | 19:28 WIB
@palembang

Trending

BBW Palembang 2025 Resmi Dibuka: Ada 1 Juta Buku Baru hingga Diskon 90 Persen

The Confidence Man JP, Dunia Penipu Ulung

A Hundred Memories: Kisah Persahabatan dan Cinta di Era 1980-an

Mangunrok: Buku Kuno di Bon Appétit, Your Majesty

BBM Jenis Pertamax Langka di OKU Timur, Warga Mengeluh!

Bazar Buku Internasional Terbesar Perdana Hadir di Palembang, Catat Tanggalnya

Gunakan Dana APBD, Latsar CPNS Pagar Alam Diduga Digelar di Rumah Wali Kota

Info Terbaru

The Secret, Romantic, Guesthouse

The Secret Romantic Guesthouse: Romansa Misteri di Penginapan Ihwawon

25 September 2025 | 09:03 WIB
The Murky Stream

The Murky Stream: Drama Kolosal di Era Joseon yang Kelam

25 September 2025 | 08:02 WIB
lini bisnis pt hm sampoerna

Lini Bisnis PT HM Sampoerna Lewat Ekspansi Sampoerna Strategic Group

25 September 2025 | 07:31 WIB
Trump Puji Pidato Prabowo di PBB: You Did a Great Job

Trump Puji Pidato Prabowo di PBB: You Did a Great Job

24 September 2025 | 23:29 WIB
Upacara Peringatan Hantaru 2025, Nusron Wahid Realisasikan Asta Cita Menjaga Tanah dan Menata Ruang

Upacara Peringatan Hantaru 2025, Nusron Wahid Realisasikan Asta Cita Menjaga Tanah dan Menata Ruang

24 September 2025 | 17:34 WIB
Cik Ujang Resmikan SPPG Sofyan Kenawas Gandus, Jadi Percontohan Program Makan Bergizi Gratis di Sumsel

Cik Ujang Resmikan SPPG Sofyan Kenawas Gandus, Jadi Percontohan Program Makan Bergizi Gratis di Sumsel

24 September 2025 | 12:18 WIB

Kulineran Bareng Plg!

@majolemak.plg

Official Partner

sumsel agensi media, sumsel, plg
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Karir
  • Kontak

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Sumsel
  • Kriminal
  • Ekonomi
  • Sport
  • Sriwijaya FC
  • Tekno & Sains
  • Selebriti
  • Lifestyle & Health
  • Food & Travel
  • Media Sosial
  • Film
  • Foto
  • Advertorial
  • Liputan Khusus

Plg.co.id - Medianya Milenial & Gen Z

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist