PT XL Axiata Tbk telahmemastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semualokasi yang akan dijangkau oleh Masyarakat, termasukjalur transportasi darat dan laut.
Khusus untuktransportasi laut, XL Axiata bahkan telah melakukanpenguatan jaringan #jadilebihbaik di tiga jalurpenyeberangan ramai, yaitu Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Untuk keperluan ini, XL Axiata menambahkan kapasitas baru, upgrade teknologidan newsite. Jadi selama berada di kapalpenyeberangan, pelanggan XL Axiata akan bisamendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisadimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data. Semoga fasilitas yang kami kami sediakan ini bisamendukung penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas bagi para pemudik, juga tentunyadalam jangka panjang mampu mendukung program-program pemerataan akses internet cepat hingga kearea terpencil, terutama juga support untuk pariwisata.”
Gede menambahkan, secara teknis, dengan adanya penguatan jaringan yang mampu menjangkau area jalurpenyeberangan laut ini, sinyal 4G bisa meningkatsecara signifikan sehingga kenyamanan masyarakatdan pelanggan dalam menggunakan berbagai layanandata selama melakukan perjalanan diatas kapan ferry akan semakin nyaman termasuk melakukan streaming video, mengakses gaming, aktifitas browsing dan sebagainya.
Saat di laut, akses internet bisa menjangkau hingga 95 Mbps. Sebelum ada penguatan, pelanggan cenderung mengalami kesulitan aksesinternet saat kapal sudah di tengah laut karena semakinjauh dari BTS yang melayani. Selain kecepatan, fasilitasini juga memungkinkan layanan bagi penumpang dalamjumlah yang lebih besar.
Sepanjang tahun, jutaan penumpang menyeberangimasing-masing dari ketiga jalur penyeberangan yang ramai tersebut. Merak – Bakauheni sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera, sertaKetapang – Gilimanuk sejauh sekitar 3 mil laut denganwaktu tempuh sekira 1 jam yang menghubungkan Jawa dengan Bali.
Sementara itu, jalur Padang Bai – Lembar sejauh 38 mil laut dengan waktu tempuh sekira 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.
Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut inisekaligus melengkapi kesiapan jaringan XL Axiata dalam menghadapi momen libur panjang Lebaran yang sudah mulai bergulir akhir pekan ini. Penguatan jaringantelekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasipotensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang lebaran.
Untuk itu, XL Axiata juga telahmelakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utamapulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera. Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafiklayanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.
Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasilainnya berupa optimasi jaringan dengan melihatkemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itupula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuanmudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus.
XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiapsaat jika diperlukan.
Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukungpenguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawanterjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).